PROFIL
BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
 
Jl. Pembangunan Nomor 1 Padang Harapan Bengkulu 38225
      Telp. 0736- 21450 Fax 0736- 21092
Website : http:/birobangda.bengkuluprov.go.id; e-mail: birobangdabkl@gmail.com
 
 
Biro Administrasi Pembangunan adalah salah satu Biro yang menangani Administrasi Pelaksanaan dan Pelaporan Bidang Pembangunan dan Pengadaan Barang /Jasa di Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu. Dalam menjalankan Tugas Dan Fungsi untuk mendukung Visi dan Misi Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu, Pembangunan Provinsi Bengkulu selama lima tahun kedepan diarahkan dan dilaksanakan sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Bengkulu Tahun 2021-2026 yakni “BENGKULU MAJU, SEJAHTERA, dan HEBAT”.
Visi dan Misi Gubernur Bengkulu merupakan komitmen bersama, sehingga dalam pencapaiannya harus dilakukan secara bersama–sama antara berbagai Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan (stakeholders). Untuk menuju pencapaian tujuan bersama Pembangunan Provinsi Bengkulu, Biro Administrasi Pembangunan Biro Administrasi Pembangunan memiliki Visi:
 
TERWUJUDNYA KEBIJAKAN GUBERNUR DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN KHUSUSNYA PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN DAERAH”
 
Untuk mewujudkan Visi tersebut, Biro Administrasi Pembangunan melaksanakan Misi:
 
MEMPERKUAT KELEMBAGAAN PEMERINTAHAN, MEWUJUDKAN BIROKRASI YANG BERSIH, EFEKTIF, DAN PROFESIONAL SERTA TRANSFORMASI PELAYANAN PUBLIK
Untuk mewujudkan Visi dan Misi, Biro Administrasi Pembangunan melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah di bidang pengadaan barang/jasa, bidang pengendalian administrasi pembangunan dan bidang pelaporan pelaksanaan pembangunan.
Dalam melaksanakan tugasnya, Biro Administrasi Pembangunan menyelenggarakan fungsi:
1.    Penyiapan perumusan kebijakan daerah di bidang pengadaan barang/jasa, bidang pengendalian administrasi pembangunan dan bidang pelaporan pelaksanaan pembangunan;  
2.        Penyiapan pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah di bidang pengadaan barang/jasa, bidang pengendalian administrasi pembangunan dan bidang pelaporan pelaksanaan pembangunan;
3.    Penyiapan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang pengadaan barang/jasa, bidang pengendalian administrasi pembangunan dan bidang pelaporan pelaksanaan pembangunan;
Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu berusaha memberikan Data dan Informasi pembangunan yang cepat dan akurat sebagai bahan pimpinan  dalam mengambil kebijakan terutama  menyangkut  isu-isu pembangunan pemerintah provinsi Bengkulu.
Berdasarkan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 1 Tahun 2020, Biro Adminsitrasi Pembangunan memiliki 3 Bagian yaitu:
1.     Bagian Pengadaan Barang/Jasa
2.     Bagian Pengendalian Administrasi Pembangunan
3.     Bagian Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan
 
Sesuai dengan tugas Pokok dan fungsi Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu  dalam  mendukung tertib administrasi pembangunan. Isu penting yang sedang menjadi prioritas program/kegiatan pemerintah saat ini adalah di bidang pembangunan yaitu pemerataan pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Untuk  mendukung program/kegiatan pembangunan tersebut Pemerintah Provinsi Bengkulu juga melaksanakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu, Biro administrasi Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu mempunyai tugas dalam mengawal pembangunan tersebut yaitu melakukan tugasnya dengan melaksanakan penyusunan dan pengendalian perencanaan, pendataan pelaksanaan Pembangunan, monitoring pelaksanaan Pembangunan, pembinaan pelaksanaan Pembangunan, pengendalian pelaksanaan Pembangunan, pengelolaan sistem pengadaan barang/jasa pemerintah dan evaluasi pelaksanaan Pembangunan sehingga proses hingga hasil pembangunan dapat terlaksana secara efisien dan tepat sasaran.