Realisasi Anggaran Provinsi Bengkulu, Sampai Juli 2018

Rapat Pimpinan (RAPIM) Tim Evaluasi Penyerapan Anggaran (TEPRA) Provinsi Bengkulu berlangsung lancar (11/7). Rapat ini diselenggarakan oleh Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu di ruang pola. Rapat ini dibuka oleh Asisten  III Bapak Gotri Suyatno dan dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bengkulu.

Dalam arahannya, Gotri berharap dalam RAPIM ini dapat mengevaluasi pelaksanaan APBD Provinsi Bengkulu per tanggal 31 Juni. “Dalam RAPIM ini diharapkan seluruh OPD dapat mempercepat proses penyerapan anggaran, mempercepat proses lelang, dan yang sifatnya kontraktual harus memperhatikan termin supaya tidak ada penumpukan pencairan di akhir tahun” kata Bapak Gotri.

 

 

Dalam RAPIM TERPRA dibahas mengenai evaluasi pelaksanaan APBD, evaluasi pengadaan barang dan jasa Pemeritah Provinsi Bengkulu, evaluasi penyerapan Dana Alokasi Khusus(DAK) Triwulan II Tahun Anggaran 2018, dan evaluasi permasalahan dalam realisasi anggaran hasil Pra RAPIM TEPRA, dan komitmen TEPRA Juli 2018.

Dasar hukum proses lelang mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa yang dibiayai APBN dan APBD. “Khusus DAK Fisik agar menjadi perhatian khusus dan menyegerakan proses kontrak baik lelang maupun non lelang” kata Heru sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.

Realisasi keuangan Pemerintah Provinsi Bengkulu per tanggal 31 Juni 2018 mencapai 30,66 Persen, melebihi target rata-rata nasional sebesar 21,38%.

Restu Utami Sudarwan [Staf Biro Administrasi Pembangunan]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *